Laman

Selasa, 17 Agustus 2010

Bunuh (Harga) Diri

Baru aja gue hinggap di Universitas Indonesia, memulai kegiatan di sini dan belum genap satu bulan. Tapi rasanya gue udah membuat berjuta kesalahan dan oh man, gue udah nempelin muka gue di mana-mana buat diketawain (kayaknya). Gak tahu gue yang terlalu bego atau emang ini adalah takdir hidup gue untuk membunuh harga diri gue sendiri. Ya, belum genap sebulan dan udah lebih dari satu kejadian yang ikut serta mengorbankan harga diri gue di hadapan massa. Argh ! Bumi telan aku.

Insiden sepeda kuning

Gue rasa sepeda kuning gak mau bersahabat dengan gue. Kenapa sih sepeda? Apa salah gue sama lo? Padahal gue senang banget waktu tahu gue masih bisa naik sepeda, artinya gue bisa berpetualang bersama lo mengelilingi kampus. Tapi apa daya, pertama kali gue naik sepeda kuning aja udah aneh banget. Sepedanya bunyi kretek kretek terus makin digoes, REMNYA GAK PAKEM dan BELNYA RUSAK. Damn! Padahal dalam petualangan pertama gue dengan sepeda kuning, gue harus melewati area Balairung yang notabene orangnya bejibun.

Rasa takut gue udah dimulai sejak kepanikan Gea, teman gue yang dikit-dikit ngeluh sepedanya gak enak. Bikin gue yang mengendarai sepeda yang juga gak bisa dibilang nyaman, makin ketakutan. Dan JRENG ! (ala musik sinetron grafis Indosiar), ketakutan gue membuncah begitu gue melihat orang-orang seperti cendol berkeliaran di jalur sepeda yang ada di Balairung. Oh man ! (itu gue belum sadar kalau sepedanya gak punya bel).

Lalala, aku masih bahagia menikmati angin yang menerpa pas jalanan menurun. Lalu, saat semakin menurun gue mulai ngerem dan hell, gue panik! Ya Allah, please gue jangan jatoh, please jangan nabrak orang ataupun nyungsep. Ini remnya kenapaaaaaaa? Ya Allah, pokoknya intinya jangan ada masalah apa-apa. Karena ini tempat rame dan MABA semua, geez kalau gue sampai mengalami kecelakaan atau apapun artinya gue udah tampak idiot di awal-awal. Mendingan gue nyungsep terus sekarat dan bikin orang-orang panik lalu nolongin gue dan jadinya image gue “itu si anak yang waktu itu kecelakaan sepeda” daripada gue harus nyungsep, muka dan baju kotor tapi cuma lecet dikit dan pada akhirnya image gue adalah “itu si anak yang waktu itu nyungsep dari sepeda, kayaknya gak bisa naik sepeda deh. Hahahaha”. Tapi berhubung gue masih ingin hidup, gue tentunya memilih opsi selamat seratus persen tanpa cacat apapun.

Sayang, takdir berkata lain. Gue yang mulai masuk kerumunan, harus pintar-pintar memainkan stang sepeda. Ada kerumunan dikit, gue bunyiin bel. Lah, ini mana belnya? Ditambah otak gue yang dua jam baru bisa panas dan bergerak, makin bermasalah lah. Gue sambil tetap mengendarai sepeda, bilang “misi, permisi” dan mencari bel. Hell, ditambah orang calon korban gue nampaknya juga agak bolot atau kurang konsentrasi. Dan the damnest thing, it all happened in a sudden, tepat di saat gue menyadari belnya ga ada, berbarengan dengan si korban yang gak denger dan remnya blong ditambah sepedanya tinggi. CRASH! Terjadilah kecelakaan konyol itu (sebenernya gak crash juga, karena gak semengerikan itu). Ditambah ada mas-mas di samping gue yang ngomong sambil lalu, “Wah gila, tiap hari ada kecelakaan nih di balairung”. Err, semoga mereka gak inget muka gue. Karena si korban mukanya udah jutek banget ngeliatin gue.


Payung dan senior FISIP

Gue lupa ini terjadi hari apa, tapi pokoknya kejadian ini waktu PMB hari kedua. Intinya adalah hari itu hujan gede banget dan udah masuk waktu sholat ashar bagi muslim. Secara gue muslim, ya sholat dong (Alhamdulillah). Nah, untungnya hujan mulai mereda tapi ya masih tetap gede. Gue bareng sama Thessa, seorang teman yang gak bawa payung. Dia udah kepayahan banget, badannya udah basah semua, mana bajunya lagi lengan pendek. Pokoknya udah bersin-bersin, mukanya pucat dan kedinginan. Kita diarahin sholat di Masjid Besar UI, ya bagi lo yang tahu jarak dari Balairung ke Masjid Utamanya lumayan takes time gitu. Kasihan juga Thessa kehujanan lagi.

Keputusan: gue buka payung gue dong. Dengan sigap gue buka payung dan mau gue kasih Thessa. Maksudnya dia aja yang pegang, kan gue pakai kerudung ada pelindung kepalanya. TERENG! Pas gue buka payung, plak, ada senior lagi lewat, mukanya kena ujung payung gue. Spontan gue ngomong, “Eh maaf kak, maaf”, dengan sangat panik. Si senior mukanya sok jaim, padahal gue yakin minimal matanya hampir kecolok tuh. Gue tahu banget ekspresinya nahan sakit. Dan gue tahu banget, senior-senior lain melihat apa yang terjadi. Oh, lupakan muka saya untuk saat ini.


Nyanyi yel-yel bego

Dan ini paling memalukan, paling eksklusif, paling menyorot wajah gue yang jelek. Sumpah rasanya harga diri gue telah lenyap. Masalahnya ini terjadi di hadapan seorang senior juga yang anak komunikasi dan tujuh orang yang setidaknya sudah mengenal gue. Dan yang paling bikin gue merasa gak punya muka lagi, gue gak akan bisa godain temen-temen kelompok PMB gue lagi dengan bebas. Pasti minimal mereka ingat gue nyanyi lagu cinta satu malamnya Melinda, err semoga ini hanya perkiraan gue yang melenceng.

Tiba-tiba Kak Hanna, mentor kelompok gue bilang, “ayo dong nyanyiin yel-yelnya” sambil membolak-balik buku kelompok. Dan tujuh pasang mata langsung menatap saya, oke gak bisa disalahkan karena memang gue yang bikin yel. Tapi, totally! Ini damn abis. Gue paling benci disuruh nyanyi sendirian terus diliat orang. Rasanya harga diri gue luntur saat itu juga. Yes like the two above stories, don’t remember it even a pinch.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar