Laman

Senin, 17 Mei 2010

APA YANG KITA MAU ATAU APA YANG TERBAIK?

Belakangan ini banyak banget cerita tentang sedih sedih, kesel kesel, naik darah, emosi, kekhawatiran dan ketidaksukaan di lingkungan pendidikan (maksudnya lingkungan ex-sekolah gue dan isinya yaitu teman teman gue dan anak anak seangkatan).

Hal ini seputar lapak kuliah. Apalagi setelah pengumuman SIMAK UI keluar, ada yang jadinya berstatus laris manis di PTN sana sini, ada yang pada akhirnya masih belum tau lapak kuliahnya di mana. Nggak nyalahin sih kalo ada yang nyoba utul (ujian tertulis) UGM, usm (Ujian Saringan Masuk) ITB, SMUP (seleksi masuk Universitas Padjadjaran), unbraw, dll. Karena kita tinggal di Depok, otomatis banyakn maunya di UI lah, tapi kan gak jaminan lo ikut SIMAK pasti masuk UI, bisa aja ga lolos. Makanya ikutan juga UGM, dll. Oke, kalo yang dapet PMDK, lolos tes di PTN luar Depok dan ikut SIMAK lagi, gue masih ngertiin banget banget kenapa mereka sampe ikut SIMAK lagi.

Banyak alasan sih: karena jauh, takut kos, ga diizinin orang tua, lebih mahal biayanya karena perlu biaya hidup juga, pergaulannya belum tau, UI masih jadi impian, kepentok sama kakak yang udah di UI-masa adiknya mau di luar daerah-, daaan banyak lagi.

Yang agak membuat gue prihatin adalah: gue banyak mendengar anak anak angkatan gue yang udah lolos SIMAK, mau ikutan UMB lagi. Dengan alasan, mereka nggak lolos di jurusan yang mereka idam idamkan. Contoh: si A pengennya Hubungan Internasional, tapi dia dapetnya Kesejahteraan social. Kenapa bisa? Karena di SIMAK misalnya dia milih tiga: HI, Ilmu Politik, Kesos. Dan akhirnya dia dapet pilihan ketiganya.

Oke, sekarang gini deh? Gue juga tau ada beberapa anak yang cuma milih satu jurusan di SIMAK UI, meskipun mereka tau itu tinggi banget gradenya, peminatnya bejibun gila, dan lo butuh jawaban benar yang sangat tidak sedikit untuk mencapai jurusan itu—dan gue tau, soal SIMAK itu sangat teramat susah banget sekali—jadi kesimpulannya apa? Kalo lo milih satu jurusan, ya karena emang lo hanya suka satu itu, dan nggak memaksakan diri untuk nyampe di UI dengan masuk ke jurusan yang hanya jadi domplengan doang. Dan lo udah tau resikonya, nggak lolos SIMAK.

Jadi, kenapa kamu yang udah dapet contoh Kesos? Mau ikut UMB lagi? Padahal kamu tau sendiri, banyak temen temen kamu yang bahkan belum dapet lapak sama sekali. Be grateful of what you get lah. Kalo emang ga suka jurusan itu, kenapa dari awal dipilih? Padahal lo tau lo nggak mau masuk situ kalopun dapet. Dan gue sangat suka kata kata seorang temen gue
Kutipan kata kata dia:
“Gila, jahat banget ya kalo orang yang udah dapet SIMAK ikutan UMB lagi. Padahal tujuannya UI juga”

Kira kira pikiran gue juga kayak gitu. Jadi teman teman, kenapa sih harus buang buang uang lagi, tenaga lagi, otak lagi, dll yang pada akhirnya semua pengorbanan itu punya impact secara ga langsung untuk menyingkirkan teman teman kalian sendiri yang belum dapet lapak kuliah SAMA SEKALI di UMB?

Mungkin gue terlalu ikut campur atau apa, maaf banget. Tapi kalo kalian ga dapetin apa yang kalian mau, bukan nggak mungkin kalo kalian justru punya jalan sukses sendiri dari jurusan yang udah kalian dapet di UI. Kenapa sih harus akuntansi UI, HI UI, Kedokteran UI? Banyak jalan kok

*maaf nyebut nyebut HI, akun, FKUI---itu cuma contoh jurusan aja. Hehe

See you later, goodbye for now :)

1 komentar:

  1. SIMAK SOALNYA GA NORMAL
    YANG BIKIN SOALNYA KETAUAN BEGO NYA MALAH

    BalasHapus