Laman

Kamis, 13 Mei 2010

Pi Ar Ti

Guess what I’d like to write down here? PRT—singkatan dari Pembantu Rumah Tangga. Kisah ini bertutur tentang PRT yang menolong gue dan keluarga (sebenernya menolong nyokap) untuk membenahi segala macam hal berkaitan dengan perawatan rumah sehari hari.

Terkisah mbak ini adalah penolong nyokap gue sejak beberapa tahun lalu. Segalanya lancar saja, paling agak rese sedikit suka ikutan nonton gossip sampe lupa kalo lagi nyapu terus debunya awur awuran lagi nyebar ke mana mana. Orangnya juga baik, SKSD tapi nanya nanyanya masih biasa laah.

Belakangan, dia mulai agak muram (sebenarnya mukanya udah agak muram raut rautnya) tapi ini makin muram. Dan mendadak nyokap cerita baru saja kena curcol bahwa suaminya mbak nikah lagi sama daun muda, udah punya anak. God, sakit hati pantes saja mukanya muram begitu. Lama lama dia tenang juga dan rela dimadu, meski tampaknya masih belum rela tapi mau bilang apa, katanya demi anaknya.

Udah selesai perkara itu, dari situ mbak mulai sering ilang ilangan deh. Pertama cuma pulang kampung biasa pas Idul Fitri. Eeeeh, dari sono kok ga balik sampe 5 bulan lebih, kelabakan lah nyokap gue. Cari mbak lain doong. Tapi dikasih tau kerjanya sampe mbak yang sebelumnya balik, soalnya anaknya mbak gue yang pertama yang paling gede bilang nyokapnya lagi nikahin adiknya apa gimana gitu tapi pasti balik.

Oke, dia sudah balik (mbak yang pertama). Kerja normal, dan karena masuk kerjanya pas tengah bulan, nyokap gue ngasih gaji di akhir bulan cuma setengah. Dia ga masalah, tapi masalahnya besoknya DIA NGILANG. Pulang kampung katanya.

Siklus ini terjadi sering sekali, bikin nyokap kelabakan dan kemerungsung jelas. Untungnya di beberapa bulan ke depan saat dia mulai datang dan pergi, mbak ini mencarikan dulu mbak baru buat nolong nyokap dan perginya pamit. Tapi makin ke sini walaupun izin dan bisa dibilang kita ga bisa nyalahin juga karena alasannya nyokapnya sakit, kerjanya makin amburadul deh. Padahal dulunya bener ga salah salah -.-

Jadi intinya gue sempet ngambil kesimpulan, gila PRT kayak artis ya, bolak balik Jakarta daerah kayak mau show. Duitnya banyak juga, gue aja ga pernah pulang kampung lagi semenjak kelas 2 SD (nangis darah)—berasa orang kaya gue haha.

Lalu gue teringat waktu kapan gitu ada berita PRT rame rame demo di lapangan mana ngumpul gitu, terus bikin serbet yang kotak kotak, yang sering banget ada di warteg, warung sampe rumah sendiri dengan ukuran massive. Dan intinya mereka minta keadilan, yaitu:
-minta libur pas hari minggu
-minta libur pas tanggal merah
-minta dihormati
-minta libur pas haid
-blabla gue lupa, pokoknya banyak gitu

Kesimpulan akhir: kerjalah dulu dengan benar. Minta libur pas haid??? Gue ga habis piker, lo pegawai di mana. See you later, goodbye for now :)

Postscript: gue ga bermaksud meremehkan suatu pekerjaan apapun. Ini cuma pemikiran subjektif dan hanya ditujukan pada sebuah objek, yaitu orang yang daritadi gue sebut di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar