Laman

Kamis, 27 Mei 2010

NASIONALISME

Berapa kali lo denger atau diajarin akan pentingnya menghargai Negara ini? Bersikap nasionalis? Ikut upacara bendera ga boleh nengok nengok, ngobrol, whatsoever deh.

Bukan berarti gue nolak akan statement bahwa dalam upacara bendera kita harus tertib sih. Mesti lah upacara itu kita hargai, walaupun kita ga pernah ngerasain sendiri gimana susahnya timbang ngibarin selembar kain merah putih. Dan kita hanya mendengar semua lewat cerita di radio, televisi atau baca di buku pelajaran. Tapi kalo gue sedikit banyak cukup dapat membayangkan, itu perjuangan yang ga gampang men.

Tapi di sini gue mau ngomongin beberapa cara to be nationalist in a more fun way. Dan kita ga perlu sok sok melakukannya dengan cara yang aneh aneh, tapi cukup lo mulai dari diri sendiri dengan kegiatan kegiatan yang berhubungan sama hidup lo.

Inspirasi ini datang dari iklan sebuah parpol. Terlepas dari behind motive dari iklan tersebut, gue sih seneng sama idenya.

See these ways of being nationalist
-kalo lo tour guide atau orang yang tinggal di daerah wisata dan bekerja di sektor pariwisata, bersikap ramah sama turis untuk bikin mereka betah

-kalo lo pelajar, klise sih tapi ya emang gitu, lo harus belajar yang bener, jadi anak cerdas ke depannya buat majuin Negara juga. Dan kalo bisa, yaa dari sekarang berprestasi gitu. It doesn’t mean to be nerdy gituu, karena jadi cerdas bukan menjadi anak gak gaul. Tapi cerdas belajar cerdas gaul.

-kalo lo pegawai, kerja aja yang bener, jangan korupsi

-kalo lo ibu rumah tangga, urusin anak yang bener, berkegiatan yang positif

-kalo lo ngaku orang Indonesia, jaga lingkungan lo, gunakan produk negeri lo, patuh tata tertib

-kalo lo pejabat, wakil rakyat, dll urus rakyat yang bener, suarakan keluh kesah rakyat

Intinya kayak gitu aja sih. Ga perlu senjata senjataan, sok sok ber bombing ria dengan alasan mau menjauhkan negeri ini dari kesesatan atau perbuatan aneh aneh lainnya.

Seeyoulatergoodbyefornow :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar