Laman

Senin, 10 Mei 2010

INDONESIA

Saat kau adalah pebisnis yang bingung ke mana harus menjual daganganmu yang tak laku
Ingatlah Indonesia, jual di sana, daganganmu akan laris
Saat kau adalah pemuda pemudi yang tak punya kerja di Negara asalmu
Datanglah ke Indonesia, ikut casting, kau akan eksis
Saat kau merasa lelah dengan semua peraturan yang mengekang kebebasanmu
Kunjungi Indonesia, berbuat sesukamu, tak akan ada yang menggubris

Gue sendiri nggak tau ya ini puisi atau apa. Gue terinspirasi menulis potongan kalimat di atas karena sekarang adik gue lagi nonton sebuah acara tv, acara jodoh jodohan gitu, well tanpa gue sebut nama acaranya gue rasa lo juga udah pada tau acara apa yang gue maksud. Acara ini punya appeal yang bagus karena pembawa acaranya ehem, oke banget lah.

Tanpa mengurangi sedikit pun respek gue pada acara ini, karena nggak gampang pasti tim kreatif acara ini (yang berasal dari luar Indonesia-karena acara ini plagiat) menemukan konsep acara ini. Tapi gue sangat shock pas tau who’s the next guy! CHRISTIAN BAUTISTA. Yep, Christian Bautista yang berasal dari Filipina. Dan gue inget banget dulu zaman gue SD menjelang SMP, dia sempat dibilang Josh Grobannya Asia. Is it??

Entahlah, sampai dia selalu muncul di acara tv Indonesia yang menurut gue agak kurang penting untuk bisa dia datangi (sebagai seorang artis tingkat asia tenggara-at least). Dia sih bilangnya lagi ada tour di Indonesia sekarang, promo album baru keliling Indonesia. Tahun depan baru ke Malaysia, dll. Oke deh percaya aja, tapi otak gue gossip jadi inget sama hal hal yang lalu lalu.

Sebut saja Miller, Mike Lewis dan cewe bule yang main di film Paku Kuntilanak (gatau siapa namanya). Ah gila, pas dulu dulu pada diwawancarain, bulshit banget jawabannya cinta Indonesia. (oh iya, wawancara di sini minus si cewe bule). Jawaban cinta Indonesia itu pas ditanya2 lagi ujungnya kerjaan juga, Mike Lewis lagi di Kanada bilangnya dia bukan siapa siapa makanya dia seneng banget lah di Indonesia terkenal, sama aja kayak Miller pas di Malaysia. Nah kalo si cewe bule, jelas aja mau. Dapet duit juga di sini. Langsung masuk poster lagi baru main film -,-

Beralih ke crocs, yang sampe bikin orang berduit kalap sama sale gede gedeannya si cute crocs. Oke oke, gue akui sandal itu lucu dan modelnya sendiri gue suka. Gue sendiri punya, tapi yang abal. Cuma 20 ribu. Tapi memprihatinkan nggak sih? Ada orang yang (kadang) sampe harus mati keinjek injek gara gara ngantri beras, nah lo ngantri buat sale sandal yang ujungnya cuma mau dipake buat ke kamar mandi atau sandal main. In case, lo dan si pengantri beras ada di tempat yang sama ya, sama sama di Jakarta!

Kalo ngomongin peraturan di Indonesia, silakan tanya siapapun orang asing yang pergi ke sini atau orang Indonesia yang lama di sini begitu pergi ke luar dan menetap di sana untuk waktu yang nggak sebentar atau mungkin hanya sebentar. Orang luar sangat bahagia ada di Indonesia, karena di sini lo nggak perlu takut meludah sembarangan atau buang sampah sesuka lo. Ga bawa surat surat pas berkendara, kasih 100ribu bisa nego juga kelar. Begitu juga orang Indonesia di luar, pasti agak agak susah juga nyesuainnya kecuali kalo dia udah biasa disiplin ya. Yaolo, baru mo ngeludah aja udah mikir ntar didenda berapa gue. Baru mo buang sampah di jalan, kalo nggak ditegur.

Indonesiaku, itulah sebagian kecil cerita Indonesia yang kadang membuat orang (termasuk gue) agak maju mundur untuk wholeheartedly bilang gue cinta Indonesia sepenuh hati. Ini belum termasuk kasus yang besar besar. Tapi entahlah, gue tetap punya keyakinan bahwa negeri ini bisa meskipun emang susah menghilangkan bumbu bumbu ga sedap macam yang gue tulis di atas. See you later, goodbye for now :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar