Laman

Senin, 17 Agustus 2009

Tak Ada yang Abadi

Memang nggak ada yang abadi di dunia ini. Pelajaran agama waktu SD itu ternyata benar yaa. Coba aja kalau dipikir, orang kaya juga bisa jadi miskin. Yang miskin juga bisa jadi kaya. Mobil bisa kehabisan bensin. Rambut bisa tumbuh dan rontok. Mata gue yang minus juga bisa nambah   sedih banget!
Begitu juga kehilangan kehilangan yang udah banyak banget terjadi dalam kurun waktu yang cukup singkat. Gila banyak banget! Yang gue ingat banget, Michael Jackson meninggal, Mbah Surip meninggal, WS Rendra meninggal, Erna Libi meninggal (yang terakhir ini paling bikin gue shock). Ditambah bencana bikinan manusia kayak bom di hotel Ritz Carlton dan JW Marriot. Serta yang mengenaskan itu kecelakaan Merpati Twin Otter di bagian timur wilayah Indonesia. Satu hal yang juga bikin gue shock, kasus Antasari Azhar (sebenarnya udah lama banget, tapi tetap bikin shock) yang gue yakin bikin orang-orang banyak yang jadi kehilangan atau seenggaknya turun apresiasinya terhadap KPK secara umum dan kepada sang ketua non aktif secara khusus.
Sifat orang juga bisa beda-beda, berubah begitu cepat atau perlahan dan orang yang gue kenal umumnya sifatnya berubah jadi lebih baik , alhamdulillaaah. Banyak banget yang jadi pada rajin, mungkin efek kelas 3 SMA atau emang jadi beneran pada rajin. Banyak yang jadi hobi sholat (lalala, hobi?). Banyak yang mulai mengurangi gossip. Banyak yang mulai punya tujuan hidup (kesannya tadinya enggak). Pokoknya everything goes better gitu.
Tapi dari semua perubahan, selalu ada yang harus dikorbankan atau ada suatu keseimbangan yang agak bergeser gitu, kalau bergesernya ke yang lebih baik sih gak apa-apa ya. Cuma kadang, pergeseran itu nggak diinginkan sama si empunya perubahan. Pergeseran keseimbangan di sini maksudnya efek-efek samping dari perubahan kita. Yang indirect impact gitu. (Haah apaan sih? Maksudnya gimana fa?). yaa maafkan saya memang kalau ngomong belibet, struktur bahasanya kurang baik-sangat kurang baik. Contoh mungkin akan membantu. Ceritanya si A yang dulunya pelit, sekarang jadi rajin ngasih pengemis padahal uang jajan dia nggak nambah. Nah direct impact nya kan, dia jajannya jadi berkurang. Uang jalan-jalan jadi berkurang. Terus indirect impact nya, dengan dia jajannya berkurang dan jatah jalan-jalan berkurang. Dia jadi ga bisa beli produk-produk keluaran baru seluruhnya. Ga bisa nonton film ter update di Blitz atau XXI luar kota, nyerempet-nyerempet Margo City doang karena ongkosnya paling affordable. Nah, mungkin itu kedengaran agak gimana yaa? Masak gara-gara amal doang jadi begitu sih. Di sini kasusnya, dia beramal rutin tiap hari. Ditambah lagi, indirect impactnya, dia kurang waktu ngumpul sama temen-temen karena enaknya kalau ngumpul sama temen yaa sambil jalan. Ini bisa jadi fakta buat semua orang lho.
Dengan contoh kasus di atas (bahasa gue kayak di buku pelajaran deh perasaan??). Ya, abis baca kasus di atas, gue sendiri berpendapat bahwa ada pergeseran keseimbangan. Yaa itu tadi, jadi jarang ngumpul sama temen. Padahal gesernya juga gara-gara melakukan hal baik, beramal. Nah buat yang kayak gitu, biasanya secara spontan orang-orang bisa balik ke keadaan awal dia atau tetep aja ngelanjutin yang udah dia lakukan. Tapi gue pribadi sih bingung. Cuma kayaknya, tetep melakukan perubahan, itu yang harus dilakukan. Soalnya, ngumpul sama temen kan nggak mesti hang out. Karena kalau udah ngumpul, ujug-ujug pasti GOSSIP! (loh, ga berubah dong ya?). Daripada udah nggak amal, ngabisin duit buat hang out ke mall –umumnya muda mudi menjadikan mall sebagai tempat hang out-, gossip pula! Kepikir kan?
Perubahan terjadinya di mana aja, kapan aja, gimana pun caranya, bisa ke siapa aja, dengan keuntungan di satu sisi dan dengan kerugian di satu sisi lainnya. Umumnya sih kayak gitu, tapi ada juga beberapa makhluk kelewat beruntung atau emang cerdas, yang bisa bikin semua tetap seimbang. Salut sama yang kayak gitu.
Tapi setelah beberapa lama mencoba, berkali-kali berusaha kenapa dalam diri gue kok rasanya cuma ada satu perubahan ya? Apakah itu? Badan gue tambah lebar dan ototnya tambah lembek. Yaah, ifa payah. Duh, ternyata emang buat berubah itu susah. Apalagi jadi lebih baik. Tapi buat yang udah bisa jadi lebih baik, itu oke banget!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar